Tuesday, September 01, 2009

Uang

Siapa yang tidak menginginkan uang. Banyak cara orang untuk mendapatkan uang, jangankan dalam jumlah yang sedikit pastinya menginginkan yang lebih. Tetapi itu kembali pada diri masing-masing.


Banyak cara orang untuk menawarkan untuk mempermudah memperoleh uang. Apalagi pada saat ini di dalam media Internet dengan mudahnya kita temukan cara-cara untuk mendapatkan uang. Para pemilik usaha berlomba-lomba mempromosikan iklan-iklan melalui internet, bagaimana cara untuk mendapatkan uang dalam waktu singkat dan jumlah yang banyak. Dari media tersebut setiap orang di tawarkan bagaimana untuk menjadi kaya.

Ada obrolan yang cukup menarik, ada seorang bapak menanyakan kepada seorang anak kecil, adek cita-citanya apa? si anak menjawab aku ingin jadi orang kaya dan punya banyak uang. Wah masih kecil saja sudah kenal dengan kenikmatan dunia, kekayaan di dunia. Miris memang.

Memang tidak dipungkiri kita hidup di dunia nyata yang menuntut untuk kita butuh uang untuk bisa hidup. Tetapi alangkah lebih baiknya juga kita memikirkan akhirat. Karena kita tidak akan selamanya hidup di dunia. Apakah uang itu kita bawa keakhirat nanti? apakah uang itu akan menolong kita di akhirat nanti? kecuali klo memang uang yg kita peroleh tersebut kita infaq sedekahkan,zakat, pergunakan untuk amal kebaikan.

Tidak lengkap apabila seseorang itu apabila dia tidak memiliki rumah mewah,mobil mewah,harta yang melimpah. Setelah seseorang itu memperoleh banyak uang ia akan semakin haus dengan kenikmatan harta tersebut. Sampai-sampai dia lupa akan sanak keluarganya, sampai-sampai dia melupakan janji-janji yang ia janjikan kepada orang tuanya. Sehingga karena ambisi untuk mendapatkan uangpun keluarganya dijadikan korban. Serta apabila keluarganya tersebut tidak menghasilkan uang dia akan mengumpat-umpat. Seakan-akan menjadi beban dan menambah pengeluaran bukan pemasukan berupa uang.

Orang yang terambisi dengan uang rela berbohong, rela berkorban apapun asalkan dia memperoleh uang lebih banyak lagi. Sangat sedikit yang di temui memperoleh uang dengan cara halal dengan tidak mengumpat, dengan tidak mengecewakan orang sekelilingnya.

Kalau untuk saya pribadi, kita memang butuh uang, tetapi uang bukanlah segalanya. Yang paling utama adalah ketenangan jiwa. Dan perlu di ingat bahwa ada orng yang hidup dengan sederhana atau tidak memiliki uang tetapi dia memiliki sesuatu yang lebih tinggi nilainya dari pada uang yaitu ketenangan jiwa karena dalam jiwa yang tenang akan sehat lah diri.

0 komentar:

Post a Comment